June 2, 2012

SMP - SMA


Waktu SMP ga pengen cepet2 lulus. Waktu SMA selalu kira tiap UAS langsung lulus. Begini kalo SMP di P3 dan SMA di Calvin. Begitu tweet saya beberapa jam yang lalu.
Hari ini adalah hari pengumuman UN anak SMP se-Indonesia. Saya jadi mengingat-ingat kembali masa-masa SMP dulu. Ingat pertama kali MOS dan memenangkan juara satu outbond dan saya ketua kelompoknya. Ingat pernah satu kelompok sama Boan. Ingat saya pernah nembak Renny dan Aline dalam satu hari yang sama gara-gara Ocep, dan dua-duanya menolak saya mentah-mentah. Ingat juga saya selalu diolok-olok di kelas seni rupa oleh Pak Setyo karena memang saya tidak bisa menggambar. Banyak deh yang diingat.
                Sepertinya di SMP saya tidak belajar apa-apa. Guru yang paling bisa dikatakan sukses untuk mengajar saya adalah Pak Trilono, harus saya akui. Walaupun dia guru yang paling menjengkelkan bagi banyak sekali murid seangkatan saya, tapi ajaran dia dan hafalan-hafalan yang pernah diajarkan belum saya lupakan. Beliau pernah membuat saya menangis di minggu-minggu pertama sekolah. Pernah juga saya ditendang bola oleh beliau karena kesalahan bodoh saya. Ah, guru itu.
                Sekarang di SMA saya merasa seperti sedang belajar segala sesuatu. Segalanya menjadi penting rasanya. Baru tau kalau tidak belajar itu namanya rugi. Dulu di SMP bilang yang penting dapet ijazah, sekarang di SMA ijazah saja tak cukup untuk masuk universitas dambaan segala provinsi di Indonesia.  
                Tapi, karena kehebatan Ocep dalam mengajari saya urusan pacar-pacaran, belajar sambil pacaran pun bisa jalan. Ajaran Ocep lebih hebat dari Pak Tri, mungkin.
                Di SMP banyak hal yang baru pertama kali saya lakukan. Seperti pacaran, merokok, naik motor, naik mobil, berantem tonjok-tonjokkan, dan banyak lainnya. Di SMA tinggal melanjutkan saja semua yang sudah saya pelajari di SMP, yang baik maupun yang buruk.
                Hidup tidak semenyenangkan yang orang bilang di SMA ini. Di SMA hidup lebih kompleks. Proteksi orangtua masih tidak meregang, terkadang menguat. Di saat kegiatan meluas, kekang orangtua yang masih lumayan kuat ini agaknya mengganggu. Yah, namanya juga anak muda, mau secepat dan seliar kuda. Terlalu berbeda kehidupan di SMP dan SMA. Dulu uang bisa berhamburan untuk apa saja dan kasih pinjam sana-sini, sekarang saya harus jaga-jaga uang dan kadang pinjam sana-sini.  Beda jauhlah.
                Dulu-sekarang, intinya saya masih akan terus jadi pelajar. Tapi, beda tempat, beda derajat, beda status, beda kesulitan. Saya kangen SMP, muak SMA.