July 3, 2012

Traveling Untuk Bebas


                Traveling bagi saya bukan sebuah jalan-jalan yang beralasan ingin melihat sesuatu. Biasanya orang akan pergi ke suatu tempat karena ada pemandangan alam yang ingin dilihat, atau mau lihat-lihat museum, dan hal-hal lain yang ingin dilihat dan dipelajari. Saya bepergian bukan karena itu, karena saya ingin bebas saja.
                Saya ini masih remaja dan masih tinggal sama orangtua. Sekali-sekali tentu saya ingin keluar dari rumah orangtua saya. Kalau lagi bepergian rasanya lepas dan mandiri. Sensasi itu yang membuat saya ingin bepergian.
                Karena alasan itu, maka destinasi saya untuk bepergian tidak harus tempat yang pemandangannya indah. Bahkan sebenarnya saya jarang menentukan destinasi. Yang penting tempat itu bukan berada di kota tempat saya tinggal sehari-hari. Tidak peduli tempat itu mirip dengan kota tinggal saya, yang penting saya tahu kota itu bukan kota saya.
                Sesuatu yang beda, yang bebas dari ikatan orang-orang yang sering hinggap di sekitar saya, itu mengapa saya bepergian. Sambil mempelajari sesuatu yang baru di tempat yang baru, sambil saya menghirup udara baru, yang tidak tentu segar, tapi bukan seperti yang saya hirup biasanya.
                 Teman-teman yang traveler dan backpacker juga pasti punya alasan masing-masing kenapa jadi suka bepergian. Mungkin beda alasan, tapi mungkin ada yang sama dengan saya. Mari kita terus pergi, mengarungi lautan, menapaki langit, mendaki gunung, dan lewati lembah demi sebuah kebebasan!